Skip to main content

Ketika Organ Kita Bekerja



manchester.unh.edu
 
Untuk kita yang awam, yang bukan berprofesi sebagai dokter, tidak juga memiliki kerabat dokter, atau tenaga medis, dan belum membaca artikel bagaimana ternyata organ tubuh memiliki waktunya sendiri untuk bekerja memperbaiki fungsinya, informasi di bawah ini semoga bermanfaat dan membuat kita semakin sadar bahwa ternyata istirahat malam itu sangat penting.  Sebegitu pentingnya sampai-sampai Allah SWT saja menyebutkan sedikitnya tujuh kali di dalam Al Qur'an tentang bagaimana Ia menjadikan malam sebagai waktu untuk beristirahat.


“Dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan” (QS.An-Naba’:11).

“Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.” (QS. Al-Qashash:73).

“Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan di siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur(mu) yang telah ditentukan…” (QS. Al-An’aam:60).

“Allah-lah yang menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya; dan menjadikan siang terang benderang…” (QS. Al Mu’minun:61)

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.” (QS. Ar-Ruum:23)

“Apakah mereka tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Kami telah menjadikan malam supaya mereka beristirahat padanya dan siang yang menerangi? Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS. An-Naml:86).

“Dialah yang menjadikan malam bagi kamu supaya kamu beristirahat padanya dan (menjadikan) siang terang benderang (supaya kamu mencari karunia Allah). Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang mendengar.” (QS. Yunus:67).

Jika Allah SWT yang menciptakan manusia saja berulang kali menyebutkan di dalam kalamnya bahwa malam itu diciptakannya untuk beristirahat maka bisa dipastikan bahwa istirahat di waktu malam adalah suatu kebutuhan yang jika tidak dipenuhi tentunya akan merugikan tubuh manusia itu sendiri dan ini akan berdampak negatif bagi kesehatan.  Lantas, apa saja yang dilakukan, dibenahi, dan diperbaiki oleh masing-masing organ penting di dalam tubuh kita disaat kita terlelap, beristirahat di malam hari? Karena ternyata tidur itu bukan hanya masalah menutup mata, terlelap, mendengkur, dan bermimpi.  Lebih dari itu ternyata di dalam tidur itu ada banyak hal yang bekerja di dalam tubuh kita atas kuasa dan kebesaran yang Maha Esa.  Yuk, mari kita cari tau bersama melalui ulasan singkat yang saya uraikan kembali dari blog kesehatan berikut ini.

Kita mulai dari pagi ya, dari menjelang subuh.

Paru-paru: 03.00-05.00.
Ternyata pada jam ini paru-paru sebagai organ utama pernapasan bekerja untuk membuang semua racun pada paru-paru.  Adanya gejala batuk, bersin, atau gejala lain yang berhubungan dengan saluran napas menunjukkan adanya gangguan pada paru-paru.  Sangat dianjurkan untuk berolahraga pada rentang waktu ini. Jadi diusahakan untuk bangun pagi sebelum jam 5.

Usus Besar: 05.00-07.00
Usus besar melakukan perilistatik kuat saat pagi hari, sehingga mungkin banyak orang merasa sakit perut dipagi hari. Saat jam ini sebaiknya digunakan untuk membiasakan BAB.

Lambung: 07.00-09.00
Lambung akan mencerna makanan baik saat pagi hari. Bagaimana jika kita makan pagi dan sore? Apakah lambung kita tidak mencerna? Lambung kita selalu mencerna makanan kapan saja makanan itu masuk. Tapi kerja maksimal lambung bekerja pada jam 7-9. Sehingga makan pagi selalu dianjurkan untuk meningkatkan asupan gizi tubuh.

Limfa: 09.00-11.00
Limfa bekerja menyalurkan nutrisi yang kita dapatkan, sehingga usahakan makan pagi dengan nutrisi yang banyak. Nutrisi ini akan disebarkan keseluruh tubuh untuk pertumbuhan, metabolisme tubuh, nutrisi otak. Jika disekolah atau dikantor pada jam ini sering lelah, mengantuk, maka kemungkinan fungsi kerja limfa terganggu. Makanan tinggi gula dan lemak perlu dikurangi, cek gula darah (optional).

Jantung: 11.00-13.00
Waktu ini sebaiknya digunakan untuk merelaksakikan diri, tidak melakukan pekerjaan fisik dan lakukan kontrol emosi. Sering orang sakit jantung tanpa komplikasi meninggal mendadak di pagi hari.

Hati: 13.00-15.00
Sebaiknya lakukan tidur siang, karena organ hati akan mengumpulkan sel darah merah untuk meregenerasikan. Orang yang biasa tidur siang secukupnya akan lebih bugar. Jika punya cukup waktu, sebaiknya lakukan hal-hal yang ringan.

Paru-paru: 15.00-17.00
Pada jam ini kerja paru-paru ada dititik lemah, proses pembuangan sisa-sisa metabolisme dilakukan. Olah raga atau aktivitas ringan dibutuhkan untuk mendukung kerja paru-paru.

Ginjal: 17.00-19.00
Pembentukkan sumsum tulang belakang terjadi pada jam ini, sehingga belajar adalah waktu yang tepat. Beberapa penelitian juga menyebutkan pada jam ini santai bagi pekerja sangat dibutuhkan, karena pada jam ini otak akan mengatur mood, tubuh akan nyaman pada jam-jam ini.

Lambung: 19.00-21.00
Berbeda dengan sebelumnya, pada jam ini lambung bekerja secara lemah. Sebaiknya hentikan makan berat. Ganti dengan makanan ringan atau jika bisa hentikan aktivitas makan.

Limfa: 21.00-23.00
Jam malam banyak organ tubuh yang lemah termasuk limfa. Pada jam ini limfa akan membuang racun tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh. Tenangkan pikiran dan beristirahatlah segera. Jika mengerjakan tugas atau belejar usahakan untuk tidak nerlarut-larut, istirahatlah dan kerjakan besok lagi.

Jantung: 23.00-01.00
Istirahat, sangat tepat. Jantung melemah pada jam ini. Beraktivitas yang dipaksakan akan melemahkan fungsi jantung

Hati: 01.00-03.00
Racun dalam tubuh akan maksimal dikeluarkan. Maka ketika bangun tubuh air kencing akan mengandung banyak racun dan zat-zat tubuh yang dibuang. Nyeri setelah bangun biasanya ada luka pada tubuh. Usahakan minum air putih sebelum tidur, beberapa diyakini akan meningkatkan efek pembuangan racun.

Luar biasa sekali Allah mengatur mekanisme kerja organ tubuh kita.  Semua berjalan teratur bahkan disaat kita merasa kita tidak sedang berbuat apa-apa, justru disaat itu suatu proses penting terjadi di luar kendali kita.  Kurang sayang apa coba Sang Maha Pencipta dengan makhluknya ini.  Terkadang kita saja yang tidak bersyukur dengan menjaga dan memelihara apa yang telah dengan begitu indahnya diciptakan-Nya ini.   Alih-alih menjaga dan memeliharanya, sebagian dari kita malah merusak tubuhnya sendiri dengan berbagai macam cara, mulai dari mengonsumsi minuman beralkohol, narkoba, hingga mencacah tubuh.  Semoga dengan tulisan ini kita bisa lebih bijak menjaga apa yang telah diberi Allah SWT kepada kita ya. 


Comments

Popular posts from this blog

Sampai Jumpa, Angga

Sabtu pagi, 24 Mei 2020, pukul 07.22 ia masih melakukan panggilan video ke ponselku, namun tak terangkat. Kami bertemu dalam panggilan video selanjutnya melalui ponsel ibuku sekitar pukul 09.00 di rumah Jatra, rumah yang melengkapi puzzle masa kecilnya, rumah tempat ia pulang tiga tahun lalu. Ada yang berbeda pada wajahnya di lebaran pertama itu. Lebih tirus dan pasi. Kulihat kilauan buliran keringat di keningnya. Rambutnya basah. Jelas ia sedang tidak begitu sehat. Pun begitu, setiap kata, senyum, dan deraian tawanya tetap menyegarkan. Kami saling memohon maaf. Ia berbicara sambil merangkul maminya.  "Uni, maafkan Angga lahir batin ya, Ni. Insyaallah kita nanti ketemu di Jambi,"ucapnya sembari melambaikan tangan gempalnya.  "Iya. Uni tunggu, ya." "Insyaallah, Ni,"pungkasnya sebelum ia menepi dan membiarkan maminya berbicara. Sapa, maaf, dan tawa mengalir ke satu-persatu pasukan Pakis 74.  "Uni, bisakan kami nginap di ru

Friends of Mine

They are special, They are friends of mine, Who coloring my life canvas with thousand rainbows, even in the winter... when the snowstorm said hello out side the window, and the Holland's skies were gray, it's my friends who make the snow turns to sunlight, and bring blue to my sky. *( Hanya berselang beberapa jam dari Mario Teguh. Melintas bayangan kebersamaan dari Manggarai-Bandung, Manggarai-Depok, Soekarno-Hatta-Schiphol, Amsterdam-Zurich, Eindhoven-Paris, Nijmegen-Achen,etc...! With love and laugh, for sure...... )

Witir Si Sulung

Malam Kamis kemarin, anak bujang kecil saya melakukan sesuatu yang membesarkan hati saya, ibunya. Saya seketika merasa teramat mujur. Malam itu seperti malam-malam yang lain. Pukul delapan adalah waktu tidurnya. Waktunya kami berbaring. Waktu yang selalu ia gunakan memeluk saya erat-erat. Waktunya saya tak putus-putus menciumi wajah dan kepalanya. Waktu saat saya membacakan kisah-kisah teladan Muhammad dan sahabat-sahabat beliau sebelum akhirnya ia lelap. Kami sudah di tempat tidur, berpelukan, saat ia sekonyong-konyong duduk dan bergerak turun.  "Hamzah mau ambil wudu dulu..." "O, iya...Bilal selalu melakukan itukan, ya..."ujar saya. Saya buntuti ia ke kamar mandi. Saya perhatikan dengan saksama ia membasuh wajah, tangan, kepala, telinga, dan kakinya.  Ia tersenyum.  "Witir tiga rakaat boleh, Bun?"tanyanya. Saya termangu. Ia bingung. Mengapa ibunya mendadak hening? "Bun..."panggilnya sambil menempelkan kepalanya di